Free Patrick Cursors at www.totallyfreecursors.com
Ega Putriani Dewi

Buat Lencana Anda Ega Putriani Dewi In Action ^^: Apa Itu Libreoffice ???

Ukiran mini diatas keyboard yang menunjukkan bahwa usaha untuk membuat sebuah "Energi Baru" yang tidak sia-sia

Widget

Sabtu, 22 Desember 2012

Apa Itu Libreoffice ???





Berikut ini merupakan tutorial dari Libreoffice, check this out 
Kontributor
Ron Faile Jr
Jeremy Cartwright
Jean Hollis Weber
Pernyataan tanda terima kasih
Bab ini didasarkan pada Bab 1 dari Memulai dengan OpenOffice.org.Kontributor ke bab yang:
Thomas Astleitner               Richard Barnes               Agnes Belzunce
Daniel Carrera               Laurent Duperval               Richard Holt
Ian Laurenson               Alan Madden               Carol Roberts
Iain Roberts               Gary Schnabl               Janet M. Swisher
Jean Hollis Weber               Linda Worthington               Michele Zarri
Tanggal publikasi dan versi perangkat lunak
Diterbitkan 19 Juni 2010. Berdasarkan LibreOffice 3.3.
Catatan untuk pengguna Mac
Beberapa penekanan tombol dan item menu yang berbeda pada Mac dari yang digunakan pada Windows dan Linux. Tabel di bawah ini memberikan beberapa substitusi umum untuk instruksi dalam bab ini. Untuk daftar yang lebih rinci, lihat Bantuan aplikasi.
Windows / Linux
Mac setara
Effect.
Peralatan → Pilihan menu pilihan
LibreOffice Preferensi
Akses pengaturan opsi
Klik kanan
Control + klik
Membuka menu konteks
Ctrl (Kontrol)
z (Perintah)
Digunakan dengan tombol lain
F5
Shift + z + F5
Membuka Navigator
F11
z + T
Membuka Styles & Formatting window

Daftar Isi

Apa itu LibreOffice?
LibreOffice adalah, tersedia secara bebas dengan fitur lengkap office suite produktivitas. Format file asli adalah OpenDocument, format standar terbuka yang sedang diadopsi oleh pemerintah di seluruh dunia sebagai format file yang dibutuhkan untuk penerbitan dan menerima dokumen. LibreOffice juga dapat membuka dan menyimpan dokumen dalam format lainnya, termasuk yang digunakan oleh beberapa versi dari Microsoft Office.
LibreOffice mencakup komponen-komponen berikut:
Penulis (pengolah kata)
Penulis adalah alat yang kaya fitur untuk membuat surat, buku, laporan, newsletter, brosur, dan dokumen lainnya. Anda dapat menyisipkan grafik dan objek dari komponen lain ke dalam dokumen Writer. Penulis dapat mengekspor file ke HTML, XHTML, XML, Portable Document Format Adobe (PDF), dan beberapa versi dari file Microsoft Word. Hal ini juga terhubung ke klien email Anda.
Calc (spreadsheet)
Calc memiliki semua analisis canggih, grafik, dan pengambilan keputusan fitur yang diharapkan dari spreadsheet high-end. Ini mencakup lebih dari 300 fungsi untuk operasi keuangan, statistik, dan matematika, antara lain. Manajer Skenario menyediakan analisis "bagaimana jika". Calc menghasilkan 2-D dan 3-D grafik, yang dapat diintegrasikan ke dalam dokumen LibreOffice lainnya.Anda juga dapat membuka dan bekerja dengan workbook Microsoft Excel dan menyimpannya dalam format Excel. Calc dapat mengekspor spreadsheet ke PDF Adobe dan ke HTML.
Impress (presentasi)
Impress menyediakan semua alat-alat presentasi umum multimedia, seperti efek khusus, animasi, dan alat-alat menggambar. Hal ini terintegrasi dengan kemampuan grafis canggih Draw LibreOffice 's dan komponen Matematika.Slide dapat lebih ditingkatkan dengan teks efek khusus Fontwork itu, serta klip suara dan video. Impress adalah kompatibel dengan format file Microsoft PowerPoint dan juga dapat menyimpan pekerjaan Anda dalam format grafis banyak, termasuk Macromedia Flash (SWF).
Menggambar (vektor grafis)
Draw adalah sebuah gambar vektor alat yang dapat menghasilkan segalanya dari diagram sederhana atau diagram alur untuk 3-D karya seni. Smart Konektor fitur memungkinkan Anda untuk menentukan koneksi poin Anda sendiri. Anda dapat menggunakan Draw untuk membuat gambar untuk digunakan dalam komponen LibreOffice 's lain, dan Anda dapat membuat clip art Anda sendiri dan menambahkannya ke Galeri.Draw dapat mengimpor gambar dari format yang umum dan menyimpannya di lebih dari 20 format, termasuk PNG, HTML, PDF, dan Flash.
Base (database)
Basis menyediakan alat untuk sehari-hari bekerja database dalam antarmuka yang sederhana. Hal ini dapat membuat dan mengedit formulir, laporan, query, tabel, pandangan, dan hubungan, sehingga mengelola database yang terhubung sama seperti di lain aplikasi database yang populer. Basis menyediakan banyak fitur baru, seperti kemampuan untuk menganalisa dan mengedit hubungan dari tampilan diagram. Basis menggabungkan HSQLDB sebagai mesin standar relasional database. Hal ini juga dapat menggunakan dBASE, Microsoft Access, MySQL, atau Oracle, atau ODBC-compliant atau JDBC-compliant database. Basis juga menyediakan dukungan untuk subset dari ANSI-92 SQL.
Matematika (Editor rumus)
Matematika LibreOffice 's formula atau persamaan editor.Anda dapat menggunakannya untuk membuat persamaan yang kompleks yang mencakup simbol-simbol atau karakter yang tidak tersedia dalam set font standar. Meskipun ini paling sering digunakan untuk membuat formula dalam dokumen lain, seperti Writer dan Impress file, Matematika juga dapat bekerja sebagai alat mandiri.Anda dapat menyimpan rumus di Markup Language standar Matematika (MathML) format untuk dimasukkan dalam halaman web dan dokumen lain yang tidak dibuat oleh LibreOffice.
Keuntungan dari LibreOffice
Berikut adalah beberapa keuntungan dari LibreOffice lebih dari suite office lain:
•        Tidak ada biaya lisensi.LibreOffice bebas bagi siapa saja untuk menggunakan dan mendistribusikan tanpa biaya.Banyak fitur yang tersedia sebagai biaya tambahan add-in di suite office lain (seperti ekspor PDF) yang gratis dengan LibreOffice.Tidak ada biaya tersembunyi sekarang atau di masa depan.
•        Open source. Anda dapat mendistribusikan, menyalin, dan memodifikasi perangkat lunak sebanyak yang Anda inginkan, sesuai dengan salah satu dari lisensi Sumber LibreOffice 's Terbuka.
•        Cross-platform. LibreOffice berjalan pada arsitektur beberapa hardware dan di bawah sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux,.
•        Ekstensif dukungan bahasa.LibreOffice 's user interface tersedia di lebih dari 40 bahasa, dan proyek LibreOffice menyediakan ejaan, hyphenation, dan kamus tesaurus di lebih dari 70 bahasa dan dialek.LibreOffice juga menyediakan dukungan untuk kedua Tata Letak Teks Kompleks (CTL) dan Kanan ke Kiri (RTL) tata letak bahasa (seperti bahasa Urdu, bahasa Ibrani, dan Arab).
•        Consisten t antarmuka pengguna. Semua komponen memiliki "tampilan dan nuansa," serupa membuat mereka mudah digunakan dan master.
•        Integrasi. Komponen LibreOffice terintegrasi dengan baik satu sama lain.
-         Semua komponen berbagi ejaan umum dan alat-alat lain, yang digunakan secara konsisten di seluruh suite.Misalnya, alat gambar yang tersedia di Writer juga ditemukan pada Calc, dengan versi yang sama tetapi ditingkatkan pada Impress dan Draw.
-         Anda tidak perlu tahu aplikasi mana yang digunakan untuk membuat file tertentu.Sebagai contoh, Anda dapat membuka file Menggambar dari Writer.
•        Granularity.Biasanya, jika Anda mengubah pilihan, hal itu mempengaruhi semua komponen.Namun, LibreOffice o ptions dapat ditetapkan pada tingkat komponen atau bahkan tingkat dokumen.
•        Berkas compatibili ty. Selain format asli OpenDocument, LibreOffice termasuk PDF dan kemampuan ekspor Flash, serta dukungan untuk membuka dan menyimpan file dalam format yang umum termasuk Microsoft Office, HTML, XML, WordPerfect, dan Lotus 1-2-3 format.Menggunakan ekstensi (termasuk): kemampuan untuk mengimpor dan mengedit beberapa file PDF.
•        Tidak ada vendor lock-in. LibreOffice menggunakan OpenDocument, XML (Extensible Markup Language) format file yang dikembangkan sebagai standar industri oleh OASIS (Organisasi bagi Kemajuan Structured Informasi Standar).File-file ini dapat dengan mudah membuka ritsleting dan dibaca oleh editor teks apapun, dan kerangka mereka terbuka dan dipublikasikan.
•        Anda memiliki suara. Perangkat tambahan, perbaikan perangkat lunak, dan tanggal rilis yang berbasis masyarakat.Anda dapat bergabung dalam komunitas dan mempengaruhi jalannya dari produk yang Anda gunakan.
Anda dapat membaca lebih lanjut tentang LibreOffice dan Yayasan Dokumen di situs Web mereka di http://www.libreoffice.org/ dan http://www.documentfoundation.org/.
Persyaratan minimum
LibreOffice 3.x membutuhkan salah satu sistem operasi berikut:
•        Microsoft Windows 2000 (Service Pack 4 atau lebih tinggi), XP, Vista, atau 7
•        GNU / Linux Kernel 2.6.18 dan glibc2 versi versi 2.5 atau yang lebih tinggi diperlukan
•        Mac OS X 10.4 (Tiger) atau lebih tinggi
Beberapa fitur LibreOffice (penyihir dan mesin database HSQLDB) mengharuskan Java Runtime Environment (JRE) 1.6.x atau lebih tinggi diinstal pada komputer Anda.Meskipun LibreOffice akan bekerja tanpa dukungan Java, beberapa fitur tidak akan tersedia.Jika Anda memiliki PC yang lebih tua dan tidak memerlukan fitur yang memerlukan JRE, Anda dapat menonaktifkan pilihan ini untuk mempercepat loading program.
Untuk daftar yang lebih rinci tentang persyaratan, lihat situs web LibreOffice, http://www.libreoffice.org/get-help/system-requirements/.
              22
Bagaimana untuk mendapatkan perangkat lunak
Perangkat lunak ini dapat didownload dari http://www.libreoffice.org/ . Anda juga dapat men-download software dengan menggunakan klien Peer-to-Peer, seperti BitTorrent, di alamat yang sama.
Pengguna Linux akan menemukan LibreOffice termasuk dalam banyak distribusi Linux terbaru (Ubuntu adalah salah satu contoh).
Bagaimana menginstal perangkat lunak
Informasi tentang menginstal dan menyiapkan LibreOffice pada berbagai sistem operasi yang didukung adalah yang diberikan di sini: http://www.libreoffice.org/get-help/installation/ .
Ekstensi dan add-ons
Ekstensi dan add-ons yang tersedia untuk meningkatkan LibreOffice. Beberapa ekstensi diinstal dengan program dan lainnya tersedia dari repositori ekstensi resmi, http://extensions.libreoffice.org/ . Lihat Bab 14, Menyesuaikan LibreOffice, untuk informasi lebih lanjut tentang menginstal mereka.
Bagaimana untuk mendapatkan bantuan
Buku ini, panduan pengguna LibreOffice lainnya, sistem Bantuan built-in, dan sistem dukungan pengguna berasumsi bahwa Anda sudah familiar dengan komputer Anda dan fungsi dasar seperti memulai program, membuka dan menyimpan file.
Membantu sistem
LibreOffice dilengkapi dengan sistem Bantuan yang luas.Ini adalah baris pertama Anda dukungan untuk menggunakan LibreOffice.
Untuk menampilkan sistem Bantuan penuh, tekan F1 atau pilih LibreOffice Help dari menu Help.Selain itu, Anda dapat memilih apakah akan mengaktifkan Tips, tips Extended, dan Agen Bantuan (menggunakan Tools Pilihan LibreOffice Umum).
Jika Tips diaktifkan, tempat pointer mouse di atas salah satu ikon untuk melihat kotak kecil ("tooltip") dengan penjelasan singkat tentang fungsi ikon. Untuk penjelasan lebih rinci, pilih Bantuan Apa Ini? dan tahan pointer di atas ikon.
Dukungan online gratis
Komunitas LibreOffice tidak hanya mengembangkan perangkat lunak, tetapi menyediakan gratis, relawan berbasis dukungan. Pengguna LibreOffice bisa mendapatkan dukungan online yang komprehensif dari masyarakat melalui mailing list atau forum.Ada juga situs-situs lain dijalankan oleh pengguna yang menawarkan tips dan tutorial.
Gratis LibreOffice dukungan
FAQ
Kumpulan Jawaban Atas Pertanyaan Dukungan Yang Sering Diajukan (FAQ):
Dokumentasi
Panduan pengguna, cara-KL, dan dokumentasi lainnya. http://www.libreoffice.org/get-help/documentation/
Mailing Lists
Dukungan masyarakat gratis disediakan oleh jaringan pengguna berpengalaman.
Dukungan Internasional
Situs LibreOffice dalam bahasa Anda.
Internasional milis
Aksesibilitas Pilihan
Informasi dalam opsi aksesibilitas yang tersedia. http://www.libreoffice.org/get-help/accessibility/
Dukungan Mac
Dukungan untuk menginstal dan menggunakan LibreOffice pada Mac OS   X. http://www.libreoffice.org/get-help/installation/
Dibayar dukungan dan pelatihan
Atau, Anda dapat membayar untuk layanan dukungan.Kontrak layanan dapat dibeli dari vendor atau perusahaan konsultan yang mengkhususkan diri dalam LibreOffice.
Mulai LibreOffice
Cara yang paling umum untuk memulai setiap komponen LibreOffice adalah dengan menggunakan menu sistem, menu standar dari aplikasi yang sebagian besar dimulai.Pada Windows, hal itu disebut menu Start. Pada GNOME, hal itu disebut menu Aplikasi. Pada KDE itu diidentifikasi menggunakan logo KDE. Pada Mac OS X, itu adalah menu Aplikasi.
Ketika LibreOffice telah diinstal pada komputer Anda, dalam banyak kasus entri menu untuk setiap komponen telah ditambahkan ke menu sistem Anda.Nama yang tepat dan lokasi dari entri menu tergantung pada sistem operasi dan antarmuka pengguna grafis.
Mulai dari dokumen yang ada
Anda dapat memulai LibreOffice dengan mengklik dua kali nama file dari dokumen LibreOffice dalam file manager seperti Windows Explorer.Komponen yang tepat LibreOffice akan mulai dan dokumen akan dimuat.
Catatan untuk pengguna Windows
Jika Anda memiliki jenis yang terkait dengan file Microsoft Office LibreOffice, maka ketika Anda mengklik dua kali pada file *. doc (Word), ini akan membuka di Writer, *. xls (Excel) file yang terbuka pada Calc, dan *. ppt (PowerPoint) file yang terbuka pada Impress.
Jika Anda tidak mengasosiasikan jenis file, maka ketika Anda double-klik pada sebuah dokumen Microsoft Word, terbuka di Microsoft Word (jika Word diinstal pada komputer Anda), Excel file yang terbuka di Excel, dan PowerPoint file terbuka di PowerPoint.
Anda dapat menggunakan metode lain untuk membuka file Microsoft Office dalam LibreOffice dan menyimpan dalam format tersebut dari LibreOffice.Lihat "" pada halaman untuk informasi lebih lanjut.
Menggunakan Quickstarter di bawah Windows
Quickstarter adalah ikon yang ditempatkan di baki sistem Windows saat startup sistem.Ini menunjukkan bahwa LibreOffice telah dimuat dan siap untuk digunakan. (Para Quickstarter beban perpustakaan *.File DLL yang dibutuhkan oleh LibreOffice, memperpendek waktu startup untuk komponen LibreOffice).Jika Quickstarter dinonaktifkan, lihat "" jika Anda ingin mengaktifkannya.
Menggunakan ikon Quickstarter
Klik kanan ikon Quickstarter pada system tray untuk membuka menu pop-up () dari mana Anda dapat membuka dokumen baru, membuka Template dan dialog Dokumen, atau memilih untuk membuka dokumen yang ada.Anda juga dapat mengklik dua kali ikon Quickstarter untuk menampilkan dan dialog Template Dokumen.
Gambar 1: Quickstarter menu pop-up pada Windows
Menonaktifkan Quickstarter
Untuk menutup Quickstarter, klik kanan pada icon di system tray, kemudian klik Exit Quickstarter pada menu pop-up.Kali berikutnya komputer di-restart, Quickstarter akan dimuat lagi.
Untuk mencegah LibreOffice.org dari loading saat startup sistem, hapus LibreOffice beban selama sistem start-up item pada menu pop-up.Anda mungkin ingin melakukan ini jika komputer Anda memiliki memori tidak cukup, misalnya.
Mengaktifkan kembali Quickstarter
Jika Quickstarter telah dinonaktifkan, Anda bisa mengaktifkannya dengan memilih LibreOffice beban selama sistem start-up kotak centang di Tools Pilihan LibreOffice Memori.
Menggunakan Quickstarter di Linux dan Mac OS X
LibreOffice di Linux memiliki Quickstarter yang terlihat dan bertindak seperti yang dijelaskan di atas untuk Windows (kotak centang pada halaman Memori diberi label Aktifkan Quickstarter systray).
Mac OS X menyediakan fungsi serupa melalui menu popup dari dermaga.
Bagian dari jendela utama
Jendela utama adalah serupa dalam setiap komponen LibreOffice, meskipun beberapa rincian bervariasi.Lihat bab dalam buku ini tentang Penulis, Calc, Draw, dan Impress untuk keterangan detail-detail.
Fitur umum termasuk menu bar, toolbar standar, dan format toolbar di bagian atas jendela dan status bar di bagian bawah.
Menu bar
Menu bar terletak di bagian atas jendela LibreOffice, tepat di bawah Title bar.Bila Anda memilih salah satu menu yang tercantum di bawah, submenu turun ke bawah untuk menunjukkan perintah.
•        File berisi perintah yang berlaku untuk seluruh dokumen seperti Open, Save, dan Export as PDF.
•        Edit berisi perintah untuk mengedit dokumen seperti Undo: xxx (dimana xxx adalah perintah untuk membatalkan) dan Cari & Ganti.Hal ini juga berisi perintah untuk memotong, menyalin, dan menempelkan bagian dipilih dari dokumen Anda.
•        View berisi perintah-perintah untuk mengendalikan tampilan dokumen seperti Zoom dan Web Layout.
•        Masukkan berisi perintah-perintah untuk memasukkan elemen ke dalam dokumen Anda seperti Header, Footer Gambar, dan.
•        Format berisi perintah-perintah, seperti Styles dan Pemformatan, dan AutoCorrect, untuk memformat tata letak dokumen Anda.
•        Tabel memperlihatkan semua perintah untuk memasukkan dan mengedit tabel dalam sebuah dokumen teks.
•        Peralatan berisi fungsi seperti Ejaan dan Tata Bahasa, Customize, dan Pilihan.
•        Jendela berisi perintah-perintah untuk tampilan jendela.
•        Bantuan berisi link ke file Bantuan LibreOffice, Apa Ini, dan? Informasi tentang program ini.Lihat "" pada halaman.
Toolbar
LibreOffice memiliki beberapa jenis toolbar: berlabuh (tetap di tempat), mengambang, dan air mata-off.Toolbar merapat dapat dipindahkan ke lokasi yang berbeda atau dibuat mengambang, dan toolbar mengambang dapat merapat.
Toolbar merapat atas, tepat di bawah Menu bar disebut toolbar Standar.Hal ini konsisten di seluruh aplikasi LibreOffice.
Toolbar kedua di atas adalah bar Formatting.Ini adalah konteks-sensitif, yaitu, hal itu menunjukkan thetools relevan dengan posisi kursor atau seleksi. Misalnya, ketika kursor berada pada grafik, bar Formatting menyediakan alat untuk grafis format, ketika kursor berada dalam teks, alat-alat yang untuk memformat teks.
Menampilkan atau menyembunyikan toolbar
Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar, pilih View → Toolbars, kemudian klik pada nama toolbar dalam daftar. Sebuah toolbar aktif menunjukkan tanda centang di samping namanya. Merobek-off toolbar tidak terdaftar dalam menu View.
Submenu dan merobek-off toolbar
Toolbar ikon dengan segitiga kecil di sebelah kanan akan menampilkan submenu, merobek-off toolbar, dan cara lain untuk memilih hal-hal, tergantung pada icon.
menunjukkan toolbar air mata-off dari toolbar Drawing.
Merobek-off toolbar dapat melayang atau berlabuh sepanjang tepi layar atau di salah satu daerah toolbar yang ada.Untuk memindahkan toolbar air mata-off mengambang, drag bar judul oleh, seperti yang ditunjukkan pada.
Gambar 2: Contoh toolbar air mata-off
Pindah toolbar
Untuk memindahkan toolbar merapat, tempat pointer mouse pegangan toolbar (bar vertikal kecil di sebelah kiri toolbar), tahan tombol kiri mouse, tarik toolbar ke lokasi baru, dan kemudian lepaskan tombol mouse () .Untuk memindahkan floating toolbar, klik pada judul bar dan tarik ke lokasi yang baru (Gambar).
Gambar 3: Memindahkan toolbar merapat
Gambar 4: Memindahkan floating toolbar
Floating toolbar
LibreOffice meliputi konteks-sensitif beberapa tambahan toolbar, yang muncul sebagai default toolbar mengambang dalam menanggapi posisi kursor atau seleksi.Misalnya, ketika kursor berada dalam sebuah tabel, toolbar Tabel mengambang muncul, dan ketika kursor berada dalam daftar bernomor atau peluru, Bullets dan Numbering toolbar muncul.Anda dapat dermaga toolbar ini ke bagian atas, bawah, atau samping jendela, jika Anda ingin (lihat "" di atas).
Docking / mengambang jendela dan toolbar
Toolbar dan beberapa jendela, seperti Navigator dan Styles dan Formatting window, yang dockable.Anda dapat memindahkan, mengubah ukuran, atau dermaga mereka untuk tepi.
Untuk dermaga jendela atau toolbar, tahan tombol Control dan double-klik pada bingkai jendela mengambang (atau di daerah kosong di dekat ikon di bagian atas jendela mengambang) untuk dermaga itu dalam posisi terakhir.
Gambar 5: Control + klik untuk dermaga atau undock
Untuk undock jendela, tahan tombol Control dan double-klik pada frame (atau area kosong di dekat ikon di atas) dari jendela berlabuh.
Customizing toolbars
Anda dapat menyesuaikan toolbar dalam beberapa cara, termasuk memilih ikon mana yang terlihat dan mengunci posisi toolbar merapat.Anda juga dapat menambahkan ikon dan membuat toolbar baru, seperti dijelaskan dalam Bab 14.
Untuk mengakses pilihan kustomisasi toolbar, gunakan panah bawah di akhir toolbar atau di bar judul.
Gambar 6: Customizing toolbars
Untuk menampilkan atau menyembunyikan ikon toolbar yang ditetapkan untuk dipilih, pilih Tombol Terlihat dari menu drop-down.Terlihat ikon ditandai dengan garis di sekitar ikon. Klik pada ikon untuk memilih atau membatalkan pilihan mereka.
Gambar 7: Pemilihan ikon toolbar terlihat
Klik kanan (konteks) menu
Anda dapat dengan cepat mengakses berbagai fungsi menu dengan mengklik kanan pada sebuah paragraf, grafik, atau benda lain. Sebuah menu konteks akan muncul. Seringkali menu konteks adalah tercepat dan cara yang lebih mudah untuk mencapai fungsi. Jika Anda tidak yakin di mana fungsi terletak di menu atau toolbar, Anda dapat sering menemukan hal itu dengan mengklik kanan.
Status bar
Status bar terletak di bagian bawah ruang kerja.Ini memberikan informasi tentang dokumen dan cara mudah untuk cepat mengubah beberapa fitur. Hal ini mirip dengan Writer, Calc, Impress, dan Draw, meskipun masing-masing komponen meliputi beberapa komponen-item khusus.
Gambar 8: akhir Kiri dari status bar di Writer
Gambar 9: Hak akhir status bar di Writer
Item status umum bar dijelaskan di bawah ini.
Halaman, lembar, atau slide nomor
Menunjukkan halaman saat ini, lembar, atau nomor slide dan jumlah halaman, lembar, atau slide dalam dokumen. Double-klik pada bidang ini untuk membuka Navigator. Kegunaan lain dari bidang ini bergantung pada komponen.
Halaman gaya atau desain slide
Menunjukkan gaya halaman saat ini atau desain slide. Untuk mengedit gaya halaman saat ini atau desain slide, klik ganda pada bidang ini.
Menyimpan perubahan
Sebuah ikon muncul di sini jika perubahan dokumen belum disimpan.
Tanda tangan digital
Jika dokumen telah ditandatangani secara digital, ikon menunjukkan di sini.Anda dapat mengklik dua kali ikon untuk melihat sertifikat.
Objek informasi
Menampilkan informasi yang relevan dengan posisi kursor atau elemen yang dipilih dari dokumen. Double-klik di area ini biasanya membuka dialog yang relevan.
Zoom slider dan persen
Untuk mengubah perbesaran tampilan, geser slider Zoom, atau klik + dan - tanda-tanda, atau klik kanan pada tingkat zoom persen untuk memunculkan daftar nilai perbesaran dari yang untuk memilih.
Double-klik pada tingkat zoom persen membuka dialog Zoom & Tata Letak Lihat.
Apa semua hal ini disebut?
Istilah yang digunakan dalam LibreOffice untuk sebagian besar user interface (bagian dari program yang Anda lihat dan gunakan, berbeda dengan kode-belakang-layar yang benar-benar membuatnya bekerja) adalah sama seperti untuk program yang lain.
Sebuah dialog adalah jenis khusus dari jendela.Tujuannya adalah untuk memberitahu anda tentang sesuatu, atau input permintaan dari Anda, atau keduanya. Ini menyediakan kendali untuk Anda gunakan untuk menentukan bagaimana melakukan suatu tindakan. Nama-nama teknis untuk kontrol umum ditampilkan di; tidak ditampilkan adalah kotak daftar (dari mana Anda memilih item).Dalam kebanyakan kasus kita tidak menggunakan istilah teknis dalam buku ini, tetapi berguna untuk mengenal mereka karena Bantuan dan sumber informasi lain sering menggunakan mereka.
Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat berinteraksi hanya dengan dialog (bukan dokumen itu sendiri) selama dialog tetap terbuka. Ketika Anda menutup dialog setelah digunakan (biasanya, klik OK atau tombol lain menyimpan perubahan anda dan menutup dialog), maka Anda dapat kembali bekerja dengan dokumen Anda.
Beberapa dialog dapat dibiarkan terbuka saat Anda bekerja, sehingga Anda dapat beralih antara dialog dan dokumen Anda. Contoh dari jenis ini adalah dialog Find & Replace.
Gambar 10: Dialog menampilkan kontrol umum:
1 halaman = Tab (tidak ketat berbicara kontrol)
2 = Tombol radio (hanya satu dapat dipilih pada satu waktu)
3 = Checkbox (lebih dari satu dapat dipilih pada satu waktu)
4 = kotak Spin (klik panah atas dan bawah untuk mengubah angka yang ditunjukkan dalam kotak teks di samping, atau ketik di kotak teks)
5 = Thumbnail atau pratinjau
6 = Drop-down list dari yang untuk memilih item
7 = Push tombol
Memulai dokumen baru
Anda dapat memulai dokumen, baru kosong dalam LibreOffice dalam beberapa cara.
Ketika LibreOffice terbuka tetapi tidak ada dokumen terbuka (misalnya jika Anda menutup semua dokumen yang terbuka tetapi meninggalkan program berjalan), Pusat Mulai ditampilkan. Klik salah satu ikon untuk membuka dokumen baru dari tipe tersebut, atau klik ikon Template untuk memulai sebuah dokumen baru menggunakan template.
Anda juga dapat memulai dokumen baru di salah satu cara berikut.
•        Gunakan File New dan memilih tipe dokumen.
•        Gunakan panah di sebelah tombol New pada toolbar utama.Dari menu drop-down, pilih jenis dokumen yang akan dibuat.
•        Tekan Control + N pada keyboard.
•        Gunakan File Wizards untuk beberapa jenis khusus dari dokumen.
Jika dokumen sudah terbuka di LibreOffice, dokumen baru akan terbuka di jendela baru.
Gambar 11: Mulai LibreOffice Pusat
Membuka dokumen yang sudah ada
Ketika tidak ada dokumen terbuka, Start Center menyediakan ikon untuk membuka dokumen yang ada atau memilih dari daftar dokumen baru-baru diedit.
Anda juga dapat membuka dokumen yang ada di salah satu cara berikut.
•        Pilih File Buka ...
•        Klik tombol Open pada toolbar utama.
•        Tekan Control + O pada keyboard.
Dalam setiap kasus, dialog Open muncul. Pilih file yang Anda inginkan, kemudian klik Buka.Jika dokumen sudah terbuka di LibreOffice, dokumen kedua terbuka di jendela baru.
Dalam dialog Open, Anda dapat mengurangi daftar file dengan memilih jenis file yang Anda cari. Sebagai contoh, jika Anda memilih dokumen Teks sebagai jenis file, Anda hanya akan melihat dokumen Writer dapat membuka (termasuk odt, doc, txt...), Jika Anda memilih Spreadsheet, Anda akan melihat ods, xls, dan file lainnya.. Calc yang terbuka.
Anda juga dapat membuka dokumen yang sudah ada yang dalam format OpenDocument dengan mengklik dua kali pada ikon file pada desktop atau dalam file manager seperti Windows Explorer.
Jika Anda memiliki format Microsoft Office terkait file dengan LibreOffice, Anda juga dapat membuka file-file ini dengan mengklik dua kali pada mereka.
Perhatikan
Di bawah Microsoft Windows Anda dapat menggunakan salah LibreOffice Terbuka dan Save As dialog atau yang disediakan oleh Microsoft Windows.Lihat "" pada halaman.
Menyimpan dokumen
Untuk menyimpan dokumen baru, lakukan salah satu berikut ini:
•        Tekan Control + S.
•        Pilih File Save dari menu bar.
•        Klik tombol Save pada toolbar utama.
Ketika dialog Save As muncul, masukkan nama file, memverifikasi jenis file (jika ada), dan klik Simpan.
Untuk menyimpan dokumen yang terbuka dengan nama file saat ini, pilih File Save.Ini akan menimpa negara yang terakhir disimpan file.
Proteksi password
Untuk melindungi dokumen dari yang dilihat tanpa password, gunakan pilihan pada dialog Save As untuk memasukkan password.
1)      Pada dialog Save As, pilih Simpan dengan opsi password, dan kemudian klik Simpan. Y ou akan menerima prompt ().
2)     Ketik password yang sama di kedua bidang, dan kemudian klik OK. Jika password cocok, dokumen disimpan dilindungi kata sandi.Jika password tidak cocok, Anda menerima pesan kesalahan. Tutup kotak pesan untuk kembali ke dialog Set Password dan masukkan password kembali.
"Perhatian!"
LibreOffice menggunakan mekanisme enkripsi yang sangat kuat yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk memulihkan isi dokumen dalam kasus Anda kehilangan password.
Gambar 12: Memasukkan password untuk dokumen
Writer dan Calc menyediakan perlindungan tingkat kedua, yang memungkinkan file yang akan dilihat tapi tidak berubah tanpa password, yaitu, file terbuka dalam modus read-only.
Untuk melindungi dokumen dari yang berubah:
3)     Pilih Pilihan Lebih dari dialog Set Password.
4)      Masukkan password pada password Enter untuk memungkinkan pengeditan.Ulangi password di kolom password Konfirmasi. Klik OK.
Menyimpan dokumen secara otomatis
Anda dapat memilih untuk memiliki LibreOffice menyimpan file untuk Anda secara otomatis. Penyimpanan otomatis, seperti menyimpan manual, menimpa negara terakhir disimpan file. Untuk mengatur menyimpan file secara otomatis:
5)     Pilih Tools Options ...→ Load / Save Umum.
6)      Mark Simpan rmation autorecovery setiap informasi, dan mengatur interval waktu.
Mengganti nama dan menghapus file
Anda dapat mengubah nama atau menghapus file dalam dialog LibreOffice, seperti halnya Anda bisa di file manager yang biasa Anda.Namun, Anda tidak dapat menyalin atau paste file dalam dialog.
Menggunakan Open dan Save As dialog
Anda dapat memilih apakah akan menggunakan LibreOffice Terbuka dan Save As dialog atau yang disediakan oleh sistem operasi Anda.
Untuk melihat atau mengubah jenis LibreOffice dialog menggunakan:
7)     Pilih Tools Pilihan LibreOffice Umum.
8)      Pilih opsi Gunakan LibreOffice dialog.
Bagian ini membahas LibreOffice Terbuka dan Save As dialog menunjukkan dialog Save As;. Dialog Open mirip.
Tiga tombol di kanan atas LibreOffice Terbuka dan Save As dialog adalah, dari kiri ke kanan:
•        Naik Satu Tingkat di hirarki (direktori) folder.Klik dan tahan tombol ini untuk kedua untuk drop-down daftar folder tingkat yang lebih tinggi, untuk pergi ke salah satu folder pada daftar, gerakkan pointer mouse di atas nama dan lepaskan tombol mouse.
•        Create New Folder.
•        Default Direktori.
Untuk dokumen LibreOffice yang telah disimpan dengan lebih dari satu versi, gunakan Versi drop-down untuk memilih versi mana yang Anda ingin membuka dalam modus read-only.Untuk dokumen Microsoft Office, hanya versi saat ini dapat dibuka.
Gunakan field File type untuk menentukan jenis file yang akan dibuka atau format file yang akan disimpan.
Pilihan Read-only pada dialog Buka membuka file untuk membaca dan mencetak saja.Akibatnya, sebagian besar toolbar menghilang, dan pilihan menu yang paling dinonaktifkan. Tombol Edit File ditampilkan pada toolbar Standar untuk membuka file untuk mengedit.
Anda dapat membuka file dari web dengan mengetikkan URL dalam bidang File name pada dialog Open.
Gambar 13: LibreOffice Simpan sebagai dialog
Menggunakan Navigator
Navigator daftar objek yang terkandung dalam dokumen, dikumpulkan ke dalam kategori.Sebagai contoh, di Writer itu menunjukkan Pos, Tabel, teks frame, Komentar, Graphics, Bookmark, dan item lainnya, seperti yang ditunjukkan pada Gambar   .Pada Calc itu menunjukkan Lembar, Nama Rentang, Ranges Database, Grafis, Menggambar Objek, dan item lainnya. Pada Impress dan Draw itu menunjukkan Slide, Gambar, dan item lainnya.
Untuk membuka Navigator, klik ikonnya pada toolbar Standard atau tekan F5, atau pilih View Navigator pada menu bar.
Anda dapat dermaga Navigator untuk kedua sisi jendela LibreOffice utama atau biarkan mengambang (lihat "" pada halaman).
Klik penanda (+ atau segitiga) oleh salah satu kategori untuk menampilkan daftar objek dalam kategori tersebut.
Untuk menyembunyikan daftar kategori dan hanya menampilkan toolbar di bagian atas, klik List Box On / Off ikon .Klik ikon ini lagi untuk menampilkan kotak daftar.
Gambar 14: Navigator
Navigator menyediakan beberapa cara mudah untuk bergerak di sekitar dokumen dan menemukan item di dalamnya:
•        Ketika kategori menunjukkan daftar objek di dalamnya, klik dua kali pada objek untuk langsung melompat ke lokasi yang objek dalam dokumen.
Objek jauh lebih mudah untuk menemukan jika Anda telah memberi mereka nama saat membuat mereka, bukan menjaga standar LibreOffice 's graphics1, graphics2, Table1, table2, dan seterusnya-yang mungkin tidak sesuai dengan posisi objek dalam dokumen.
Jika Anda hanya ingin melihat konten dalam kategori tertentu, sorot kategori dan klik ikon Content View .Sampai Anda klik ikon lagi, hanya objek dari kategori yang akan ditampilkan.
•        Klik ikon Navigasi (Ikon kedua dari kiri di bagian atas Navigator) untuk menampilkan toolbar Navigasi.Di sini Anda dapat memilih salah satu kategori dan menggunakan ikon Sebelumnya dan Berikutnya untuk berpindah dari satu item ke yang berikutnya.Hal ini sangat membantu untuk menemukan item seperti bookmark dan indeks, yang dapat sulit untuk melihat.
Nama-nama ikon (ditampilkan dalam tooltip) perubahan agar sesuai dengan kategori yang dipilih, misalnya, Bookmark Grafis atau Berikutnya Berikutnya.
Gambar 15: Navigasi toolbar
•        Untuk melompat ke halaman tertentu dalam dokumen, ketik nomor halaman di kotak di bagian atas Navigator.
Sedikit eksperimen dengan ikon lainnya akan menunjukkan fungsi mereka. Beberapa komponen khusus menggunakan dijelaskan dalam bab-bab tentang Penulis dan komponen lainnya.
Membatalkan dan mengulangi perubahan
Untuk membatalkan perubahan yang paling terakhir, tekan Control + Z, atau klik ikon Undo pada toolbar Standar, atau pilih Edit Undo dari menu bar.
Menu Edit menunjukkan perubahan terbaru yang dapat dibatalkan (lihat di bawah untuk contoh dari Writer).
Gambar 16: Edit Urungkan tindakan terakhir
Klik segitiga kecil di sebelah kanan ikon Undo untuk mendapatkan daftar dari semua perubahan yang dapat dibatalkan.Anda dapat memilih beberapa perubahan dan membatalkan mereka pada waktu yang sama.
Gambar 17: Daftar tindakan yang dapat dibatalkan
Setelah perubahan yang telah dibatalkan, Redo menjadi aktif.Untuk Redo perubahan, pilih Edit Redo, atau tekan Control + Y atau klik pada ikon Redo .Seperti Undo, klik pada segitiga di sebelah kanan panah untuk mendapatkan daftar dari perubahan yang dapat diterapkan kembali.
Untuk mengubah jumlah perubahan LibreOffice.org ingat, pilih Tools Pilihan LibreOffice Memori dan di bagian Jumlah Undo perubahan langkah.Sadarilah bahwa meminta LibreOffice mengingat perubahan yang lebih mengkonsumsi lebih banyak memori komputer.
Menutup dokumen
Untuk menutup dokumen, pilih File Tutup.
Anda juga dapat menutup dokumen dengan mengklik ikon Close pada jendela dokumen.Tombol ini terlihat seperti X ditunjukkan dalam.Ini mungkin di lokasi yang berbeda pada sistem operasi Anda.
Gambar 3Tutup ikon
Jika lebih dari satu jendela LibreOffice terbuka, setiap jendela terlihat seperti sampel yang ditunjukkan di sebelah kiri pada.Menutup jendela ini meninggalkan LibreOffice lain jendela terbuka.
Jika hanya satu jendela LibreOffice terbuka, terlihat seperti sampel yang ditunjukkan di sebelah kanan.Perhatikan x kecil di bawah X. besar Mengklik x kecil menutup dokumen, tapi daun LibreOffice terbuka.Mengklik X besar LibreOffice menutup sepenuhnya.
Jika dokumen belum disimpan sejak perubahan terakhir, sebuah kotak pesan ditampilkan. Pilih apakah akan menyimpan atau membuang perubahan Anda.
•        Simpan: Dokumen ini disimpan dan kemudian ditutup.
•        Buang: Dokumen ini ditutup, dan semua modifikasi sejak penyimpanan terakhir hilang.
•        Batal: Tidak ada yang terjadi, dan Anda kembali ke dokumen.
"Perhatian!"
Tidak menyimpan dokumen Anda bisa mengakibatkan hilangnya perubahan baru-baru ini, atau lebih buruk lagi, seluruh file Anda.
Penutup LibreOffice
Untuk menutup LibreOffice sepenuhnya, pilih File Exit, atau tutup dokumen terakhir yang terbuka seperti yang dijelaskan dalam "" di atas.
Jika semua dokumen telah disimpan, LibreOffice menutup segera.Jika ada dokumen yang telah dimodifikasi tapi belum disimpan, akan muncul pesan peringatan. Ikuti prosedur di "" untuk menyimpan atau membuang perubahan Anda.
Menggunakan LibreOffice pada Mac
Beberapa penekanan tombol dan item menu yang berbeda pada Mac dari yang digunakan pada Windows dan Linux.Tabel berikut memberikan beberapa substitusi umum untuk petunjuk di buku ini. Untuk daftar yang lebih rinci, lihat Bantuan aplikasi.
Windows / Linux
Mac setara
Effect.
Peralatan → Pilihan menu pilihan
LibreOffice Preferensi
Akses pengaturan opsi
Klik kanan
Control + klik
Membuka menu konteks
Ctrl (Kontrol)
z (Perintah)
Digunakan dengan tombol lain
F5
Shift + z + F5
Membuka Navigator
F11
z + T
Membuka Styles dan Formatting window


HAK CIPTA
Dokumen ini adalah Hak Cipta © 2010-2011 oleh penyumbang sebagai tercantum di bawah ini.Anda dapat mendistribusikan dan / atau memodifikasinya di bawah ketentuan baik GNU General Public License ( http://www.gnu.org/licenses/gpl.html), versi 3 atau lambat, atau Lisensi Creative Commons Attribution ( http : / / creativecommons.org/licenses/by/3.0 /), versi 3.0 atau yang lebih baru.
Semua merek dagang dalam panduan ini dimiliki oleh pemilik yang sah mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar